Jumat, 27 September 2013

Komunikasi dan Leadership


Komunikasi tidak dapat dipisahkan dari hidup karena setiap waktu,setiap hari bahkan selama kita hidup kita akan berkomunikasi satu sama lain. Jika tidak ada komunikasi hidup itu terasa “mati” atau sunyi.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan komunikasi ?

Menurut  Carl Hovland, Janis & Kelley, “Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).”

Kamus Psikologi, Dictionary of Behavioral Science menyebutkan 6 definisi komunikasi sebagai berikut :
1. Komunikasi adalah penyampaian perubahan energi dari suatu tempat ke tempat yang lain seperti
dalam system syaraf atau penyampaian gelombang-gelombang suara.
2. Komunikasi adalah penyampaian atau penerimaan signal atau pesan oleh organisme.
3. Komunikasi adalah proses yang dilakukan satu system untuk mempengaruhi system yang lain
melalui pengaturan signal-signal yang disampaikan.
4. Komunikasi adalah pengaruh satu wilayah pribadi pada wilayah persona yang lain sehingga
perubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan yang berkaitan pada wilayah yang lain.
5. Komunikasi adalah pesan pasien kepada pemberi terapi dalam psiko- terapi. 

Banyak sekali definisi komunikasi dilihat dari perspektif dan nilai keilmuan yang berbeda-beda pula tapi pada dasarnya komunikasi adalah suatu proses sosial dimana dalam proses tersebut individu-individu menggunakan simbol untuk menciptakan dan menafsirkan makna dalam lingkungannya


Lalu apa dimensi dari komunikasi ?
Dimensi komunikasi dibagi menjadi 5 :
1.        Pengirim pesan
Pengirim pesan adalah orang atau sekelompok orang yang akan memberikan pesan atau informasi yang akan ditujukan kepada si penerima pesan.
2.       Pesan
Tentu saja ketika ingin berkomunikasi ada suatu pesan atau informasi  yang akan disampaikan kepada si penerima pesan, pesan ini dapat berbentuk verbal maupun nonverbal.
3.       Media penyampaian pesan
Media yang digunakan bisa secara langsung yaitu dengan bertatap muka dengan si penerima pesan dan atau menggunakan media elektronik seperti handphone. 
4.      Penerima pesan
Penerima pesan adalah orang yang menjadi tujuan untuk pesan itu bisa disampaikan.
5.       Efek
Efek atau juga disebut respon adalah hasil setelah si penerima pesan sudah mendapat pesan ataupun informasi tersebut. Misalnya setelah menerima pesan, si penerima pesan menjadi marah atau senang.

 

Orang yang pandai berbicara atau berkomunikasi biasanya dikaitkan dengan kriteria seorang  pemimpin karena dengan adanya kriteria pemimpin seperti itu akan membuat suatu organisasi akan menjadi hidup. Pemimpin diartikan sebagai pembina,pembimbing atau ketua. Jika seorang pemimpin tidak dapat berkomunikasi dengan baik maka organisasi yang dipimpinnya pun tidak akan berjalan dengan baik.

Dalam suatu organisasi kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi.

 

Apa itu kepemimpinan ?

Menurut Thoha, kepemimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu sedangkan menurut Ngalim Purwanto Kepemimpinan adalah sekumpulan dari serangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamnya kewibawaan untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegembiraan batin, serta merasa tidak terpaksa.

Bagaimana teori untuk menjelaskan kepemimpinan tersebut ?

a.       Teori X dan Y , menurut Douglas McGregor
Teori ini diungkapkan oleh Douglas McGregor yang mengemukakan strategi kepemimpinan efektif dengan menggunakan konsep manajemen partisipasi. Konsep terkenal dengan menggunakan asumsi-asumsi sifat dasar manusia. Pemimpin yang menyukai teori X cenderung menyukai gaya kepemimpinan otoriter dan sebaliknya, seorang pemimpin yang menyukai teori Y lebih menyukai gaya kepemimpinan demokratik.

Kriteria pemimpin dengan teori x pada dasarnya adalah makhluk pemalas yang tidak suka bekerja serta senang menghindar dari pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Ia memiliki ambisi yang kecil untuk mencapai tujuan perusahaan namun menginginkan balas jasa serta jaminan hidup yang tinggi. Dalam bekerja para pekerja harus terus diawasi, diancam serta diarahkan agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan perusahaan

Kriteria pemimpin dengan teori Y beranggapan bahwa kerja adalah kodrat manusia seperti halnya kegiatan sehari-hari lainnya. Pekerja tidak perlu terlalu diawasi dan diancam secara ketat karena mereka memiliki pengendalian serta pengerahan diri untuk bekerja sesuai tujuan perusahaan. ia memiliki kemampuan kreativitas, imajinasi, kepandaian serta memahami tanggung jawab dan prestasi atas pencapaian tujuan kerja.

 

b.      Teori system 4, menurut Rensis Likert
1.     Eksploitatif sistem otoritatif
Dalam jenis sistem manajemen tugas pegawai / bawahan adalah untuk mematuhi keputusan yang dibuat oleh pemimpinnya. Bawahan tidak berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Organisasi yang bersangkutan hanya tentang menyelesaikan pekerjaan. Organisasi akan menggunakan rasa takut dan ancaman untuk memastikan karyawan menyelesaikan pekerjaan ditetapkan.
2.     'Kebajikan sistem otoritatif
Seperti halnya dalam sebuah sistem berwibawa eksploitatif, keputusan dibuat oleh orang-orang di bagian atas organisasi dan manajemen. Namun termotivasi karyawan melalui penghargaan (untuk kontribusi mereka) daripada ketakutan dan ancaman. Informasi dapat mengalir dari bawahan kepada pemimpin tetapi terbatas pada "manajemen apa yang ingin dengar".
3.     Sistem konsultatif
Dalam jenis sistem manajemen, bawahan termotivasi oleh penghargaan dan tingkat keterlibatan dalam proses pengambilan keputusan. Manajemen konstruktif akan menggunakan bawahan mereka ide-ide dan pendapat. Namun keterlibatan tidak lengkap dan keputusan besar masih dibuat oleh manajemen senior. Ada aliran informasi yang lebih besar (daripada dalam sistem berwibawa murah hati) dari bawahan kepada manajemen. Meskipun informasi dari bawahan kepada manajer tidak lengkap dan eufimistis.
4.     Partisipatif (kelompok) system
Manajemen sepenuhnya percaya pada bawahan / karyawan. Ada banyak komunikasi dan bawahan sepenuhnya terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Bawahan nyaman menyatakan pendapat dan ada banyak kerja sama tim. Tim dihubungkan bersama-sama oleh orang-orang, yang menjadi anggota lebih dari satu tim. Likert panggilan orang di lebih dari satu kelompok "menghubungkan pin". Karyawan di seluruh organisasi merasa bertanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi. Tanggung jawab ini terutama sebagai bawahan motivasi ditawarkan imbalan ekonomi untuk mencapai tujuan organisasi yang mereka telah berpartisipasi dalam pengaturan.

c.       Theory Of Leadership Pattern Choice, menurut TannenBaum dan Schmidt
Tannenbaum dan Schmidt Continuum adalah sebuah model sederhana yang menunjukkan hubungan antara tingkat kebebasan yang seorang manajer memilih untuk diberikan kepada tim, dan tingkat kewenangan yang digunakan oleh manajer. Sebagai kebebasan tim meningkat, sehingga otoritas manajer berkurang. Ini adalah cara yang positif bagi kedua tim dan manajer untuk berkembang.

 

Sumber :

 
Munandar, Ashar Sunyoto . 2001 , Psikologi Industri dan Organisasi, Jakarta: Universitas Indonesia
Edgar, H Schein. 1991, Psikologi Organisasi, Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo

Rosdakarya. Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar: