Kamis, 29 Oktober 2015

Sidang Sarjana Psikologi Universitas Gunadarma (2)


Setelah hardcover telah dibuat, kalian bisa memulainya dengan meminta tanda tangan DP terlebih dahulu. Setelah itu kalian perlu untuk upload PPT atau Slide Presentasi Sidang Skripsi dan Jurnal di library Gunadarma. Jangan lupa untuk print cek buktinya, berarti terdapat 2 bukti (barcode) yaitu barcode PPT dan Jurnal. Kedua barcode tersebut dibawa ke perpustakaan, untuk mahasiswa kalimalang bisa membawa ke perpustakaan di kampus J1 lantai 3. Di perpustakaan kalian akan mendapatkan cap. Barcode yang sudah di cap, semua surat acc yang diberikan saat sidang dan sudah di tandatangani serta Hardcover yang sudah ditandatangani oleh DP dibawa ke loket pendafataran wisuda untuk mendapatkan tanda tangan bagian sidang ujian. Ketika sedang menaruh berkas di loket, diharapkan jangan segera meninggalkan loket. Tetapi menunggulah sebentar karena nama anda masih akan dipanggil untuk diberitahukan jadwal mengambil Hardcover yang sudah ditandatangani oleh bagian sidang ujian atau mungkin anda akan dipanggil karena masih terdapat kesalahan atau kekurangan di dalam Hardcover. Jika didapati kesalahan, maka anda perlu memperbaikinya terlebih dahulu dan kembali ke loket.

Sedangkan untuk meminta cap UG Career, kalian perlu membawa fotokopi surat jadwal sidang. Fotokopi tersebut diserahkan ke ruang career center dengan menaruh di kotak yang telah disediakan. Apabila terdapat permasalahan saat sedang registrasi UG Career atau tidak mendapat verifikasi, maka kalian perlu menuliskan keluhan kalian pada selembar kertas kecil lalu di streples bersamaan dengan fotokopi surat jadwal sidang tersebut. Menunggulah 1-3 hari untuk mendapatkan cap tersebut.

Kembali lagi ke Hardcover, setelah kalian mengambil Hardcover yang sudah ditanda tangani oleh bagian sidang ujian selanjutnya kalian upload keseluruhan isi skripsi dari mulai abstrak sampai dengan lampiran di library. Tidak ada cek bukti yang harus di print, tetapi kalian hanya datang ke perpustakaan untuk validasi dengan membawa Hardcover tersebut dan surat jadwal sidang yang asli. Pada saat validasi, kalian akan diberikan blanko untuk pembayaran sumbangan buku. Nominal pembayaran sumbang buku untuk Skripsi, PI dan D3 berbeda-beda. Untuk nominal pembayaran sumbang buku untuk Skripsi sebesar 50rb. Jadi sumbang buku yang dimaksud disini bukan menyumbang dalam bentuk buku tetapi hanya dengan membayar menggunakan uang. Lakukanlah pembayaran tersebut ke Bank DKI, setelah itu kembali ke perpustakaan dengan membawa surat jadwal sidang dan blanko yang sudah dibayar. Nantinya surat jadwal sidang akan di cap sebagai bukti bahwa anda sudah melakukan pembayaran sumbangan buku.

                Setelah semua selesai berarti syarat-syarat untuk mengambil STLS (Surat Tanda Lulus Sementara) atau Ijazah sudah terkumpul. Saatnya anda untuk merapihkan dan mengumpulkan semua persyaratan tersebut untuk dibawa ke loket pengambilan ijazah di Kampus D.

 

Syarat pengambilan STLS

  • Surat Jadwal Sidang Asli (Semua syarat sudah lengkap/tidak ada SP)
    (Pada surat jadwal sidang asli, point keuangan sudah diberi cap gunadarma, tandatangan perpus dan tanggal)
  • Bukti sudah menyumbang buku
    (Pada surat jadwal sidang asli, sudah diberi cap sumbang buku, tandatangan perpus dan tanggal)
  • Bukti sudah aktivasi di career centre
    (Pada fotokopi surat jadwal sidang, sudah diberi cap career centre pada selembar kertas kecil)
  • Bukti pembayaran wisuda asli

 

Syarat pengambilan Ijazah

  • Surat Jadwal Sidang Asli (Semua syarat sudah lengkap/tidak ada SP)
  • Bukti sudah menyumbang buku
  • Bukti sudah aktivasi di career centre
  • Bukti pembayaran wisuda asli
  • STLS asli (bagi yang sudah mengambil)

 

Serahkan saja semua persyaratan tersebut ke loket sidang dan menunggu untuk dipanggil. Loket bisa saja memberikan STLS terlebih dahulu (karena Ijazah belum keluar) atau bisa juga loket langsung memberikan Ijazah dan anda tidak perlu STLS. Saya langsung diberikan Ijazah namun transkrip nilai masih harus menunggu kurang lebih satu bulan. Pengeluaran ijazah untuk semua jurusan tidak bergantung pada jadwal sidang, karena saya yang sidang tanggal 29 Agustus sudah mendpatkan ijazah namun yang lain yang juga sidang pada tanggal tersebut hanya mendapatkan STLS terlebih dahulu.

 

Demikianlah proses panjang yang telah saya lewati mulai dari pemberitahuan nama DP Skripsi sampai dengan pengambilan ijazah.

 

Semoga banyak informasi yang berguna untuk para pembaca. Saya meminta maaf atas kurang lebihnya tulisan ini.

 

Salam sukses

GOD Blesss

1 komentar:

keren hellery mengatakan...

Bermanfaat sekali infonya kakak 😊😏👍👍