Setelah hardcover telah
dibuat, kalian bisa memulainya dengan meminta tanda tangan DP terlebih dahulu.
Setelah itu kalian perlu untuk upload PPT atau Slide Presentasi Sidang Skripsi
dan Jurnal di library Gunadarma. Jangan lupa untuk print cek buktinya, berarti
terdapat 2 bukti (barcode) yaitu barcode PPT dan Jurnal. Kedua barcode tersebut
dibawa ke perpustakaan, untuk mahasiswa kalimalang bisa membawa ke perpustakaan
di kampus J1 lantai 3. Di perpustakaan kalian akan mendapatkan cap. Barcode
yang sudah di cap, semua surat acc yang diberikan saat sidang dan sudah di
tandatangani serta Hardcover yang sudah ditandatangani oleh DP dibawa ke loket
pendafataran wisuda untuk mendapatkan tanda tangan bagian sidang ujian. Ketika
sedang menaruh berkas di loket, diharapkan jangan segera meninggalkan loket.
Tetapi menunggulah sebentar karena nama anda masih akan dipanggil untuk
diberitahukan jadwal mengambil Hardcover yang sudah ditandatangani oleh bagian
sidang ujian atau mungkin anda akan dipanggil karena masih terdapat kesalahan
atau kekurangan di dalam Hardcover. Jika didapati kesalahan, maka anda perlu
memperbaikinya terlebih dahulu dan kembali ke loket.
Sedangkan untuk meminta
cap UG Career, kalian perlu membawa fotokopi surat jadwal sidang. Fotokopi
tersebut diserahkan ke ruang career center dengan menaruh di kotak yang telah
disediakan. Apabila terdapat permasalahan saat sedang registrasi UG Career atau
tidak mendapat verifikasi, maka kalian perlu menuliskan keluhan kalian pada
selembar kertas kecil lalu di streples bersamaan dengan fotokopi surat jadwal
sidang tersebut. Menunggulah 1-3 hari untuk mendapatkan cap tersebut.
Kembali lagi ke
Hardcover, setelah kalian mengambil Hardcover yang sudah ditanda tangani oleh
bagian sidang ujian selanjutnya kalian upload keseluruhan isi skripsi dari
mulai abstrak sampai dengan lampiran di library. Tidak ada cek bukti yang harus
di print, tetapi kalian hanya datang ke perpustakaan untuk validasi dengan
membawa Hardcover tersebut dan surat jadwal sidang yang asli. Pada saat
validasi, kalian akan diberikan blanko untuk pembayaran sumbangan buku. Nominal
pembayaran sumbang buku untuk Skripsi, PI dan D3 berbeda-beda. Untuk nominal
pembayaran sumbang buku untuk Skripsi sebesar 50rb. Jadi sumbang buku yang
dimaksud disini bukan menyumbang dalam bentuk buku tetapi hanya dengan membayar
menggunakan uang. Lakukanlah pembayaran tersebut ke Bank DKI, setelah itu
kembali ke perpustakaan dengan membawa surat jadwal sidang dan blanko yang
sudah dibayar. Nantinya surat jadwal sidang akan di cap sebagai bukti bahwa
anda sudah melakukan pembayaran sumbangan buku.
Setelah semua selesai berarti
syarat-syarat untuk mengambil STLS (Surat Tanda Lulus Sementara) atau Ijazah
sudah terkumpul. Saatnya anda untuk merapihkan dan mengumpulkan semua
persyaratan tersebut untuk dibawa ke loket pengambilan ijazah di Kampus D.
Syarat pengambilan STLS
- Surat Jadwal Sidang Asli (Semua syarat sudah lengkap/tidak ada SP)(Pada surat jadwal sidang asli, point keuangan sudah diberi cap gunadarma, tandatangan perpus dan tanggal)
- Bukti sudah menyumbang buku(Pada surat jadwal sidang asli, sudah diberi cap sumbang buku, tandatangan perpus dan tanggal)
- Bukti sudah aktivasi di career centre(Pada fotokopi surat jadwal sidang, sudah diberi cap career centre pada selembar kertas kecil)
- Bukti pembayaran wisuda asli
Syarat pengambilan
Ijazah
- Surat Jadwal Sidang Asli (Semua syarat sudah lengkap/tidak ada SP)
- Bukti sudah menyumbang buku
- Bukti sudah aktivasi di career centre
- Bukti pembayaran wisuda asli
- STLS asli (bagi yang sudah mengambil)
Serahkan saja semua persyaratan tersebut
ke loket sidang dan menunggu untuk dipanggil. Loket bisa saja memberikan STLS
terlebih dahulu (karena Ijazah belum keluar) atau bisa juga loket langsung
memberikan Ijazah dan anda tidak perlu STLS. Saya langsung diberikan Ijazah
namun transkrip nilai masih harus menunggu kurang lebih satu bulan. Pengeluaran
ijazah untuk semua jurusan tidak bergantung pada jadwal sidang, karena saya
yang sidang tanggal 29 Agustus sudah mendpatkan ijazah namun yang lain yang
juga sidang pada tanggal tersebut hanya mendapatkan STLS terlebih dahulu.
Demikianlah proses panjang yang telah saya
lewati mulai dari pemberitahuan nama DP Skripsi sampai dengan pengambilan
ijazah.
Semoga banyak informasi yang berguna untuk
para pembaca. Saya meminta maaf atas kurang lebihnya tulisan ini.
Salam sukses
GOD Blesss
1 komentar:
Bermanfaat sekali infonya kakak 😊😏👍👍
Posting Komentar